Jumat, 20 Mei 2016

Jenis Bahan




Setiap orang pasti punya kaos, tapi belum tentu tau jenis bahannya apa. Sebelum kita beli kaos, mending tau dulu deh bahannya. Buat apa sih tau bahan-bahan kaos? Supaya, ngga salah beli karena ada beberapa bahan yang ngga bisa nyerap keringat, jadinya panas. Untuk bahan yang kualitas bagus, pasti harganya juga cukup mahal. Jangan sampai ketipu kalau ada yang jual murah, karena ngga jarang juga ada orang yang ditipu karena belum terlalu tau jenis bahannya. Yuk kita cari tau!
1.       Cotton Combed
Bahan cotton combed lebih rata dan lebih halus, jadi bahan cotton combed adalah bahan kaos terbaik dan paling bagus. Bahan kaos cotton combed juga memiliki macam-macam tipe dengan kode 20s, 24s, 30s dan seterusnya. Besarnya angka pada kode-kode tipe tersebut merupakan indikator untuk tingkat kualitasnya, semakin besar angkanya maka semakin bagus kualitasnya, dan harga pun semakin melambung. Bahan kaos cotton combed memiliki karakteristik yang hampir sempurna yaitu nyaman dipakai, tidak panas, daya serap tinggi dan tidak mudah luntur.

2.       Cotton Carded

Dibandingkan dengan kain combed, kain cotton cardet memiliki serat benang yang kurang halus. Kain cardet merupakan kain KW1 nya kain combed sehingga hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan kurang rata. Karena harganya relatif lebih murah dibandingkan cotton combed, bahan cotton cardet sering digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas menengah, misalnya untuk kaos pabrik, seragam buruh, dan juga kaos oblong olahraga.

3.       Hyget
Bahan hyget terbuat dari plastik dan bahan ini cenderung tipis. Harga bahan hyget pun relatif murah dan terjangkau. Umumnya jenis bahan kaos ini sering dipakai untuk membuat seragam promosi maupun seragam partai politik untuk keperluan kampanye.

4.       Polyester
Polyester merupakan bahan serat sintetis yang terbuat dari bahan ester. Dibandingkan katun, kain jenis ini lebih tipis, agak kasar, dan tidak bisa menyerap keringat sehingga sangat panas ketika dipakai.

5.       TC (Teteron Cotton)
Bahan TC ialah jenis bahan kaos yang dibuat dari campuran cotton combed 35% dan polyster 65%, bahan kaos jenis TC masih memiliki daya serap namun tidak terlalu tinggi. Bahan TC juga agak panas dibadan. Meski seperti itu kain TC memiliki satu keunngulan yaitu tidak mudah melar susut (shrinkage). Harga bahan teteron cotton juga tidak terlalu mahal.

6.       Viscose
Viscose biasa juga disebut rayon.Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan pada serat sintesis dan juga menambah kecerahan warna. Serat Viscose mempunyai tahanan kelembaban yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut diban

7.       CVC (Cotton Viscose)
Jenis bahan kaos ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Kami

Hubungi Kami

Anda dapat berkonsultasi dengan tim kami untuk pembuatan kaos/jaket Anda

Alamat:

Jalan Bukit Reuma No 44, Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong 40133, Bandung

Waktu Konsultasi:

Senin-Jumat pukul 9:00 s.d 17:00

Kontak:

085624059163 (SMS/Telp/WA)

Line@ @fdc8342s

Diberdayakan oleh Blogger.